Gegana Ledakkan Bom di Desa Paya Teungoh


By on 11.02

Sebuah bom rakitan yang diperkirakan peninggalan masa konflik Aceh ditemukan warga di kawasan pohon rumbia Desa Paya Teungoh, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Senin (14/5/2012) sekitar pukul 10.00 WIB.


Saat proses disposal (peledakan-red) bom itu oleh tim Gegana Brimob Jeulikat Lhokseumawe di lokasi temuan, jalan ke kecamatan tersebut diblokir 30 menit. Akibatnya, antrean kendaraan di jalan itu mencapai satu kilometer lebih.

Informasi yang dihimpun Serambi Indonesia, bom dengan berat sekitar 40 kilogram dan panjang 55 centimeter itu ditemukan Mustafa (21), warga setempat yang hendak buang hajat di kawasan itu. Lalu, ia memberitahukan temuan itu kepada warga lainnya. Kemudian, pemuda desa itu datang ke lokasi dan nekat mengangkat bom tersebut dan diletakkan ke lokasi lain yang jaraknya sekitar 20 meter dari jalan kecamatan itu. Lalu temuan tersebut dilaporkan ke polisi.

Beberapa saat kemudian, polisi tiba di lokasi dan langsung memasang police line di lokasi bom itu sambil menunggu tim gegana datang. Setelah tim Gegana tiba, diputuskan bom yang masih aktif itu untuk diledakkan di lokasi. Sehingga mulai pukul 12.30 WIB jalan ke Simpang Keuramat diblokir hingga terlihat kendaraan antre di kiri kanan jalan. Baru sekitar pukul 13.25 WIB, bom tersebut berhasil diledakkan.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Kukuh Santoso, melalui Kasat Reskrim AKP Galih Indragiri mengakui adanya temuan bom itu.

“Proses peledakan bom itu berlangsung tanpa ada kendala. Ke depan bila ada warga yang menemukan benda berbahaya jangan dikutak-katik dulu, tapi langsung lapor ke polisi,” harap Galih.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.